Kisah Unik Dibalik Mata Uang Di Dunia


1. Rp. 10.000


agan tau iluminati? sebuah organisasi rahasia berlambangkan segitiga. Nah.. konon lambang segitiga Iluminati tersebut juga terdapat di pecahan uang 10000 rupiah gan. cara ngeliatnya adalah dengan melipat bagian atas dan bawah bagian uang kertas, maka akan terbentuk sebuah gambar segitiga. sebenernya sampai sekarang banyak yang mempertanyakan ini adalah menyangkut Iluminati atau bukan. semoga bukan ya gan 



2. $US 20


masih ingat dengan tragedi menara kembar WTC di Amerika Serikat gan? ternyata tragedi tersebut sudah diprediksi sebelumnya di mata uang Amerika pecahan $US 20 gan. gimana caranya, dengan dilipat sedemikian rupa pecahan uang kertas tersebut seolah membentuk gambar sebuah menara yang roboh dengan kepalan asap membumbung gan. bahkan Gedung Pentagon yang mengalami kejadian hampir serupapun seolah tergambar jelas di pecahan uang kertas ini gan 


3. Uang Batu Raksasa dari Pulau Yap


Uang ini adalah uang dengan ukuran terbesar yang pernah digunakan oleh manusia. semakin besar ukurannya, semakin tinggi nilai Uang tersebut gan.. Uang ini cukup unik dengan lubang ditengahnya, walaupun bentuknya tidak simetris. 
gimana gan, minat buat mengoleksi ni uang? 


4. Nominal terbesar mata Uang


di Zimbabwe, segala kebutuhan pokok berharga sangat mahal gan. untuk sepotong roti saja harus ditebus dengan harga 600juta dolar. WOW. hal ini terjadi gara2 nilai tukar mata uang Zimbabwe mengalami kemerosotan akibat inflasi tinggi. jangan heran kalo suatu saat agan jalan2 di Zimbabwe, agan nemuin pecahan uang 100 triliun dolar dalam bentuk uang kertas. ckck 


5. Uang Zaire "Berlubang"


Joseph Mobutu adalah salah satu kepala negara yang gambarnya terpampang di pecahan uang kertas. Namun sejak gejolak politik yang terjadi di negara tersebut, masyarakat justru berbalik membenci beliau. saking bencinya, mereka melubangi Uang yang dimana uang tersebut terdapat gambar mantan kepala negara tersebut. Anehnya, Uang tersebut tetap sah dan berlaku di negara tersebut. 


6. Chile jadi Chiie?


Pemerintah Chile pernah membuat kesalahan fatal dalam mengedarkan mata uang mereka. bagaimana tidak, tulisan yang seharusnya Chile pada salah satu koin mata uang mereka malah tertulis Chiie. hal ini tentu saja membuat malu warga Chile dan menuntut penarikan kembali mata uang tersebut. Namun usaha tersebut sia-sia, pemerintah Chile tetap mengesahkan uang tersebut beredar seolah tidak terjadi apa-apa. 


7. Mr. Smiley di Rp. 1000


pernah memakai kaca pembesar buat liat lebih detil uang yang agan punya? kalo belum, sekarang coba agan ambil kaca pembesar sama uang seribu rupiah bergambar Patimura. seribu rupiah? buat apaan? coba dulu gan, 
sekarang coba perhati`in kancing dari Patimura tersebut. apakah agan liat emoticon 

entah kebetulan atau tidak, Mr. Smiley seolah menetralisir sosok garang Patimura di gambar. 


8. Koin perak +bonus botol berisi air suci (Kep. Palau)


Jika dalam mata uang USD terdapat tulisan IN GOD WE TRUST, di negara kepulauan palau terdapat simbol perawan suci(mariam) dan bonus botol yang berisi tetesan air suci dari mata air suci lourdes Perancis.

9. Uang jadi voucher


Jika yang kita tau bahwa fungsi uang layaknya uang pada umumnya untuk jual beli berbagaihal kebutuhan kita, maka uang di vietnam ini tahun 70-an berfungsi hanya sebagi voucher yang bisa ditukarkan untuk membeli pakaian dan dan perlengkapannya.

10. Uang dengan ancaman hukuman mati


Uang unik selanjutnya adalah uang amerika jadul/ jaman dahulu yang tedapat ancaman hukuman mati tidak hanya sekedar basa basi ancaman hukuman penjara. Usut punya usut jaman dahulu banyak sekali alat pencetak beredar dimasyarakat dan sangat mudah sekali melakukan pemalsuan uang tidak seperti sekarang. Cara unik ini menegaskan bahwa kejehatan pemalsuan uang adalah tindak kejahatan serius.

11. Uang dari kayu

Pada jaman dulu Jerman mencetak uang dengan berbagai bahan, mulai dari kayu, kain sutra, alumunium foil sampai batu. Uang unik ini dicetak pada masa darurat, saat pemulihan pasca perang dunia 1. Bahkan mungkin sampai langkanya bahan atau mungkin keterbatasan dana untuk mencetak, sampai ada sisa kartu remi bekas perang dunia 1 yang dicetak menjadi uang.Saking unik nya uang ini, banyak kolektor yang berani membayar mahal untuk berbagai macam uang unik dari Jerman ini. Untuk uang unik itu, harga paling mahal dari uang unik ini dimata para kolektor adalah uang yang berasal dari batu yang dicetak sebagai pengganti uang koin pada masa tersebut.

12. Kulit tupai


Di beberapa abad silam, kulit tupai merupakan uang yang sah digunakan di Rusia. Bahkan beberapa bagian dari tupai mati ini seperti kuping, hidung, dan kuku-kukunya berfungsi sebagai receh. Kemungkinan Rusia saat itu bisa terbebas dari penyakit-penyakit yang ditularkan satwa.

13.Rp. 50.000 jadul




lagi-lagi dari negara kita tercinta gan. 

lain kali agan harus benar2 teliti dengan Uang2 yang beredar di Indonesia. nah, kalo yang ini mungkin khusus buat yang sampe sekarang gak hapal dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya. karena jika diperhatikan terdapatlah lirik Indonesia Raya di pecahan uang 50.000 an. 


14. Indonesia pernah membuat Koin dengan nominal Rp850.000,00 


percaya gak percaya, Indonesia pernah menerbitkan nominal uang sebesar Rp. 850.000.


Comments

Popular Posts