7 Faktor Penyebab Seseorang Menjadi Pelupa

Kondisi lemah ingatan lazim dialami mereka yang telah berusia 50 tahun ke atas. Namun, hal yang tak wajar jika seorang berusia muda sudah menjadi pelupa.
Gaya hidup melelahkan dan stres adalah sebagian penyebab yang berperan dalam menyebabkan kepikunan di usia muda. Sedangkan Faktor lain yang menyebabkan seseorang menjadi pelupa adalah sebagai berikut.

Follow IndoWorldCorp at
BBM Channel : C00182F59
1. Masalah tiroid
Jika Anda punya masalah tiroid, misalnya kelebihan tiroid, maka bisa menjadi salah satu penyebab kepikunan.
2. Insomnia
Begadang membuat memori melemah. Kurang tidur akan menganggu sistem dan fungsi otak. Biasanya saat bangun tidur, Anda akan banyak melupakan berbagai macam hal. Bahkan, hal-hal terkecil sekalipun.
3. Narkoba dan alkohol
Memakai narkotika secara bertahap akan merusak daya ingat sehingga mengakibatkan kepikunan. Tidak hanya obat-obatan terlarang, alkohol pun berefek sama. Apalagi, bila Anda berada pada tahap kecanduan.
4. Stres
Faktor lain yang meningkatkan lupa adalah stres. Fase depresi juga cenderung membuat Anda menderita kelupaan sementara waktu. Jalani hidup dengan bahagia dan rileks, bila ingin ingatan Anda tetap tajam.
5. Kehamilan
Beberapa wanita hamil ada yang mengalami fase tertentu sehingga ia akan sering lupa sesuatu. Menurut para ahli, hal itu wajar karena disebabkan oleh keseimbangan hormon.
6. Obat
Penelitian menunjukkan bahwa obat-obatan tertentu juga bisa membuat pikiran melambat yang akan mengarah pada kelupaan dan kebingungan. Jadi, tanyakan kepada dokter tentang efek samping dari obat yang diresepkan kepada Anda.
7. Malnutrisi
Saat tubuh kekurangan nutrisi tertentu dampaknya akan buruk terhadap daya memori. Oleh karena itu, diet sehat dengan makan makanan yang bergizi dan sehat sangat dianjurkan.

Follow IndoWorldCorp at
BBM Channel : C00182F59

Comments

Popular Posts